Game “Astro Bot”, yang dikembangkan oleh Team Asobi, telah mencuri perhatian banyak pemain di tahun 2024 berkat pengalaman bermain yang menyenangkan dan inovatif. Kejutan besar terjadi ketika game ini berhasil meraih penghargaan bergengsi Game of the Year (GOTY) di ajang The Game Awards 2024, sebuah pencapaian yang tidak diduga oleh banyak pihak, termasuk oleh sang direktur kreatif, Nicolas Doucet.
Harapan Awal Hanya untuk Kategori Best Family Game
Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Famitsu, Doucet mengungkapkan bahwa dirinya dan timnya tidak pernah membayangkan game “Astro Bot” akan berhasil memenangkan Game of the Year. Pada awalnya, mereka hanya berharap bisa meraih penghargaan di kategori Best Family Game, sebuah kategori yang memang sesuai dengan tujuan awal pengembangan game ini.
Doucet menjelaskan bahwa ketika pertama kali membentuk Team Asobi, mereka memiliki visi untuk menciptakan game yang bisa dimainkan oleh seluruh anggota keluarga, khususnya untuk platform PlayStation. Dengan tujuan tersebut, mereka berharap “Astro Bot” bisa membawa pengalaman yang ramah keluarga tanpa mengorbankan kualitas permainan yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan usia.
“Saya benar-benar khawatir apakah game ini bisa diterima sebagai game keluarga,” ujar Doucet dalam wawancara tersebut. “Ketika saya memulai Team Asobi, tujuan utama saya adalah membuat game baru yang dapat dinikmati oleh semua keluarga di PlayStation. Jadi ketika game ini dinominasikan untuk kategori Best Family Game, itu sudah menjadi pencapaian yang sangat berarti.”
Penghargaan yang Tak Terduga
Meski awalnya hanya berharap meraih kategori Best Family Game, Doucet mengaku sangat terkejut ketika “Astro Bot” berhasil meraih penghargaan Game of the Year. Menurutnya, nominasi di kategori tersebut adalah sebuah kehormatan tersendiri, tetapi memenangkan penghargaan tersebut sangat melampaui harapannya.
“Saya sangat senang bahwa banyak aspek dari Astro Bot dapat dihargai oleh banyak orang. Tentunya, mendapatkan nominasi sebagai Game of the Year dan penghargaan lainnya adalah kehormatan, tetapi saya merasa sangat bahagia bisa memenangkan Best Family Game,” tambah Doucet.
Kesuksesan Luar Biasa dari Team Asobi
Kemenangan game ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Team Asobi, tetapi juga bagi industri game secara keseluruhan. “Astro Bot” berhasil membuktikan bahwa game yang dirancang untuk seluruh keluarga bisa menjadi karya yang juga dinilai tinggi oleh para juri The Game Awards, yang biasanya lebih cenderung memilih game dengan genre yang lebih berat atau kompleks.
Doucet dan timnya merasa bahwa penghargaan ini adalah bukti dari kerja keras dan dedikasi mereka untuk menciptakan sesuatu yang unik dan menyenangkan bagi semua orang. “Astro Bot” telah menjadi contoh sukses bagaimana sebuah game dapat menggabungkan elemen gameplay yang menyenangkan dengan aksesibilitas untuk berbagai kalangan pemain.
Dengan keberhasilan ini, masa depan bagi Team Asobi terlihat cerah. Doucet berharap bahwa penghargaan ini akan memberi inspirasi kepada pengembang game lain untuk terus menciptakan karya-karya inovatif yang dapat dinikmati oleh berbagai lapisan masyarakat.
Kesimpulan
Keberhasilan “Astro Bot” meraih penghargaan Game of the Year di The Game Awards 2024 adalah sebuah kejutan besar, terutama bagi Nicolas Doucet dan timnya, yang awalnya hanya berharap meraih Best Family Game. Pencapaian ini menegaskan bahwa game yang ramah keluarga juga dapat meraih pengakuan besar di industri game global.